• Jam Buka Toko: Senin - Sabtu (08.00 - 17.00 WIB)
  • Status Order
  • halo@fiber.co.id
Terpopuler:

Kompetisi umum “Pleci” Bupati Suwirta berjanji untuk membantu pecinta burung

23 July 2020 - Kategori Blog

Kicau menghidupkan kembali ratusan spesies burung untuk menghidupkan kembali posisi Kuil dan Taman Jagatnath di sekitar Monumen Puputan Klungkung, Minggu (30/7). Ratusan burung ini dikumpulkan di acara Kicau Pleci dalam konteks peluncuran dan pembukaan komunitas Indonesia Pleci Mania (PCMI) di wilayah Klungkung.

Kompetisi dibuka oleh konduktor Klungkung, I Nyoman Suwirta, didampingi oleh kepala PCMI Klungkung, Tjok Surya, yang ditandai dengan menggantung burung dan melepaskan puluhan burung ke alam liar. 500 peserta dari seluruh Bali hadir, bersama dengan banyak peserta Jawa lainnya.

Menurut Tjok Surya, ketua PCMI Klungkung adalah tempat persahabatan antara pengamat burung Plecian dan pembukaan kelompok Indonesia Mania Pleci (PCMI) di wilayah Klungkung.

Kompetisi diadakan sepanjang hari dengan juri yang terdiri dari 4 juri, koordinator lapangan, asisten lapangan, dan satu timer, yang berasal dari Jawa. 15 kategori yang disengketakan dengan kriteria evaluasi, yaitu durasi suara, ukuran, ritme, dan gaya. Jenis-jenis pleci yang bersaing adalah dada kuning, dudukan dada putih dan kolom Sumatera. Evaluasi dilakukan secara global dan seimbang, pemenang akan menerima hadiah dalam bentuk dana, sertifikat, dan hadiah.

Pada kesempatan ini, Presiden PCMI Klungkung Tjok Surya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung atas dukungannya terhadap kelanjutan acara, yang akan diadakan secara teratur di masa depan. “Kami juga berharap bahwa akan ada titik pertemuan bagi pengamat burung di kota Semarapur,” katanya.

Sementara itu, direktur paduan suara, Suvirta, mengatakan dalam pidatonya bahwa acara serupa lainnya diharapkan akan diadakan di masa depan, yang dapat mengundang banyak peserta di luar Bali untuk membuat Klungkung lebih terkenal. Setelah menerima sambutan hangat, dia berkata, “Menurut kesepakatan luas di kamp Puputan Klungkung pada tahun 2018, pemerintah Kabupaten akan memberikan kesempatan kepada para pecinta burung untuk memamerkan koleksi mereka.”

 
Bantuan via Whatsapp